Translate

Sunday, May 29, 2016

Cara Menambah Banyaknya Baris dan Kolom Matriks pada Equation 2007



Pada microsoft equation 2007, ordo matriks terbesar adalah 3x3, lalu bagaimanakah jika kita ingin membuat matriks dengan ordo 4x4 atau 5x5 dan lebih besar lagi.

Berikut ini cara membuat matriks berukuran 4x4 :

Langkah 1: buat matriks berukuran 3x3, kemudian klik kanan pada salah satu komponen matriks,atau blok semua komponen matriks, hasilnya sama saja, seperti gambar di bawah ini :



 “Insert Row before” untuk menambah baris sebelum baris yang terdapat komponen matriks yang di klik tadi yaitu di atasnya.
“Insert Row after” untuk menambah baris sesudah baris yang terdapat komponen matriks yang di klik tadi yaitu di bawahnya.
“Insert Column before” untuk menambah baris sebelum kolom yang terdapat komponen matriks yang di klik tadi yaitu di atasnya.
“Insert Column after” untuk menambah baris sesudah kolom yang terdapat komponen matriks yang di klik tadi yaitu di bawahnya.


Langkah 2: pilih “insert row” setelah itu “insert kolom” , pilih before maupun after sama saja karena komponen matriksnya masih kosong, sehingga menjadi :

Keterangan :
Misalnya matriks yang akan kita tambah banyaknya kolom dan baris adalah matriks yang sudah ada isinya pada masing-masing komponen, contohnya :
Misalnya kita ingin menambahkan kolom diantara kolom kedua dan ketiga maka jika kita klik pada salah satu komponen di kolom kedua pilih “Insert Column after”. Jika yang kia klik adalah salah satu komponen pada kolom ketiga maka pilih “Insert Column before”. Pada saat seperti inilah kita perlu memperhatikan before dan afternya.

Langkah 4: untuk menambah lagi menjadi matriks 5x5, caranya sama. Yaitu dari 4x4 kemudian dikerjakan sama yaitu dari langkah 1 sampai dengan langkah 3.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa menambah baris dan kolom pada equation 2007 prosesnya lama karena harus satu-satu, sehingga sebagai alternatif dapat digunakan microsoft equation 3.0. caranya klik tautan berikut:
http://hanafi899.blogspot.co.id/2016/05/cara-menulis-matriks-menggunakan.html

7 comments: