Translate

Monday, April 15, 2019

Cara Membuat Garis Tanda Tangan dengan Microsoft Word II : dengan Table

Sebelumnya saya telah menuliskan cara membuat garis tanda tangan dengan microsoft word, yaitu dengan menggunakan fasilitas dari Equation Tool yaitu stacked Fraction. Nah kali ini kita akan membuat garis tanda tangan dengan menggunakan fasilitas TABLE pada INSERT




Langkah 1: Membuat tabel

Pertama-tama adalah kita membuat sebuah tabel yang terdiri dari 2 baris dan 1 kolom. Yaitu pada menu INSERT pilih TABLE, kemudian buat dengan 2 baris dan 1 kolom. 


Sehingga tampilannya berikut:


Langkah 2:Misalkan Tulis nama dan NIP

Tuliskan misalkan nama dan NIP, Misal namanya “Dr.Andi Permana” dengan NIP 666666666666666, kemudian atur ukuran kolom tabel agar panjangnya sesuai dengan tulisan yang ada. Sehingga tampilannya:

Langkah 3: Hapus Border

Setelah itu untuk membentuk garis tanda tangan kita hanya memerlukan garis bagian tengah saja yaitu yang memisahkan baris pertama dan kedua. Selain dari garis tersebut maka garis yang lain harus dihapus. Yaitu garis sebelah kanan, kiri, atas, dan bawah. Yaitu bagian yang diberi tanda sepanjang A, B, C, dan D berikut:

caranya yaitu : yaitu blok seluruh tabel lalu klik kanan pada tabel tersebut lalu pilih “Border and Shading”

Sehingga muncul kotak dialog “Border and Shading”:



Lalu non aktifkan Top Border, Bottom Border, Left Border, dan Right Border, dengan cara mengkliknya. Perhatikan yang ditunjukkan panah warna kuning. Setelah itu klik OK. Sehingga tampilan tabel menjadi


Langkah 4: Pengaturan

Agar tampilannya lebih bagus letakkan posisi tulisan di tengah, dengan cara:

Blok seluruh tabel kemudian klik kanan pada tabel tersebut, kemudian pilih “Cell Alignment”, lalu pilih “Align Center”. Sehingga tampilannya menjadi:


Langkah 5:Penempatan  tanda tangan

Tempatkan tanda tangan tersebut di tempat dimana tempat tanda tangan yang dikehendaki.

Misalkan membuat lembar pengesahan skripsi dan ada 2 pembimbing Untuk membuat tempat tanda tangan lebih rapi buat tabel yang terdiri dari 1 baris dan 3 kolom. Kemudian Copy baris tanda tangan yang telah kita buat tadi, ke dalam tabel ini, letakkan pembimbing I di kolom 1 dan pembimbing II di kolom 3, sehingga tampilannya:



Agar tampilannya lebih rapi Atur tulisan Pembimbing I dan II pada posisi center dengan cara mengebloknya lalu pada menu HOME di bagian paragraph pilih “CENTER”.



Untuk baris tanda tangannya atur juga pada posisi tengah, dengan cara blok tabel baris tanda tangan tersebut yaitu tabel yang ada tulisan nama dan nip nya, lalu pada menu HOME di bagian PARAGRAPH pilih CENTER. 

Sehingga tampilannya menjadi:


Kemudian hapus border dari tabel tersebut dengan cara blok seluruh tabel kemudian pada menu HOME > PARAGRAPH, lalu pada bagian BORDER non aktifkan “All Border” dengan cara mengekliknya.



Sehingga tampilan akhirnya :



 


4 comments: