Translate

Monday, April 22, 2019

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Secara Otomatis



Saat kita membuat karya tulis, laporan, skripsi, dll, biasanya kita membuat daftar isi. Misalkan dalam sebuah laporan terdapat : Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Daftar Simbol, dll. Kemudian pada bagian pembahasan terdapat 3 sub judul, dan dari 3 sub judul tadi masing-masing terdapat 2 sub judul lagi. Berikut contoh gambarannya :


Gambar 1


Lalu bagaimanakah caranya membuat daftar isi. Secara manual kita harus menulisnya satu persatu. Namun kita bisa membuat daftar isi secara otomatis tanpa harus mengetiknya satu persatu. Caranya :

Langkah 1: Ubah style tulisan
Untuk tulisan “Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Simbol, Abstrak, Bab I Pendahuluan, Bab II Pembahasan, Bab III Penutup” pada halamanya masing-masing ubah stylenya menjadi “Heading 1”.

Untuk tulisan yang mengandung sub menu A, B, C, dst seperti “A. Latar belakang masalah; B. Rumusan Masalah; C. Tujuan; D. Manfaat; A. Pohon; B. Bunga; C.Buah; A. Kesimpulan; B. Saran dan Kritik” pada halamannya masing-masing, yaitu halaman letak tulisan tersebut berada, ubah stylenya menjadi “Heading 2

Untuk tulisan yang mengandung sub menu 1,2,dst seperti “1. Akar; 2. Batang; 1. Kelopak; 2. Serbuk Sari; 1. Biji; 2. Non Biji” ubah stylenya menjadi “Heading 3

Untuk tulisan yang mengandung sub judul a, b, dst seperti “a. Akar Banyak; b. Akar Sedikit; a. Batang Besar; b. Batang Kecil” ubah stylenya menjadi “Heading 4

Untuk lebih jelasnya Perhatikan gambar di bawah ini :


Gambar 2


Cara mengubah style:
Cara mengubah style yaitu dengan memblok tulisannya atau bisa letakkan kursor dimana saja yang penting di baris tulisan yang akan diubah stylenya, setelah itu pada menu HOME bagian STYLE pilih heading yang diinginkan yaitu Heading 1, Heading 2, Heading 3, ...dst.

Contohnya tulisan “BAB I” dan “PENDAHULUAN” ada di halaman 1, maka blok tulisan “BAB I” dan “PENDAHULUAN” kemudian pada menu HOME di bagian STYLE klik pada pilihan “Heading 1”.

Lakukan hal yang sama untuk yang lainnya, sehingga semua tulisan yang diinginkan telah diubah semuanya ke heading 1, heading 2, heading 3, dan heading 4.

Langkah 2: Mulai Membuat daftar isi

Langkah 2.1: menuju table of contents
Setelah langkah 1 dilakukan, maka selanjutnya adalah mulai membuat daftar isi, klik di tempat dimana daftar isi akan ditempatkan lalu klik menu REFERENCES kemudian pada TABLE OF CONTENTS klik “Table of Contents” kemudian yang terlihat terdapat 3 pilihan yaitu “Automatic Table 1”,”Automatic table 2, dan ”Manual Table”.


Gambar 3

Misalkan dipilih “Automatic Table 1”, sehingga tampilannya yaitu:


Gambar 4


Langkah 2.2: pengaturan table of contents 1
Pada Gambar 4 terlihat bahwa heading yang terlihat hanya sampai 3, karena jika kita memilih salah satu dari 3 pilihan maka hanya memunculkan 1 s/d 3 heading.

Namun karena daftar isi yang akan kita buat terdiri dari 4 heading maka kita perlu mengaturnya caranya yaitu klik pada daftar isi lalu pada menu HOME > REFERENCES , lalu di bagian TABLE OF CONTENTS pilih “Insert Table Contents”. Sehingga muncul kotak dialog “Table Of Contents”.


Gambar 5


Perhatikan pada kotak dialog TABLE OF CONTENTS, Show level menunjukkan banyaknya heading. Pada bagian print preview, itulah tampilan dari daftar isi dengan 4 level heading tanpa adanya titik-titik yang memisahkan heading dengan nomor halaman, sehingga kita ubah pada bagian format, agar bisa ditambahkan titik-titik atau memilih tampilan yang ada titik-titiknya. Setelah bagian Formats diganti maka kita bisa menambahkan atau mengubah tampilan titik-titik di bagian TAB LEADER.

Untuk mengubah formats Klik segitiga kecil di sebelah kanan di bagian “FORMATS”, misalkan dipilih “Distinctive”. Lalu untuk mengubah bagian TAB LEADER klik segitiga kecil pada bagian TAB LEADER, pilih sesuai yang diinginkan. Berikut perngaturannya :


Gambar 6

Setelah itu klik OK, Berikut tampilannya:


Gambar 7


Langkah 2.3: pengaturan table of contents 2
Pada Gambar 7 terlihat bahwa belum ada yang menunjukkan halaman daftar isi, karena halaman ini baru kita buat.
Ganti tulisan “Contents” dengan “DAFTAR ISI” lalu letakkan di tengah, atur jenis tulisan, ukuran, dan warna di menu HOME bagian FONT.
Lalu atur jenis style-nya di bagian STYLE, ubah style-nya menjadi “Heading 1”, sehingga tulisan DAFTAR ISI muncul di daftar.
Agar tulisan “DAFTAR ISI” muncul maka klik “Update Table” lalu pilih “Update Entire Table” lalu tekan OK.


Gambar 8


Langkah 3: Pengaturan

Langkah 3.1: Pengaturan 1
Perhatikan Gambar 7 pada BAB I dan PENDAHULUAN, agar menyatu maka hapus saja baris yang berisi “BAB I” caranya blok semua pada baris BAB I kemudian tekan DELETE. Dan pada bagian tulisan PENDAHULUAN tambahkan tulisan “BAB I” didepannya. Sehingga hanya ada baris yang berisi tulisan “BAB I PENADAHULUAN”.

Lakukan hal yang sama untuk baris BAB II dan PEMBAHASAN serta baris BAB III dan PENUTUP, sehingga hanya ada baris yang berisi tulisan “BAB II PEMBAHASAN” dan “BAB III PENUTUP”.

Langkah 3.2: Pengaturan 2
Pada tampilan daftar isi jika ukuran tulisan, tebal tulisan, ataupun kemiringan tulisan tidak sama, kita bisa mengaturnya di menu HOME. Caranya yaitu blok semua elemen daftar isi dari tulisan HALAMAN JUDUL s/d KRITIK DAN SARAN kemudian pada menu HOME bagian FONT ubah ukuran tulisan dan hilangkan ketebalannya dan kemiringannya, sehingga semua menjadi seragam.

Berikut tampilan akhirnya :


Gambar 9


Ket :
Tulisan DAFTAR ISI dengan jenis huruf “Cambria” ukuran 16 dengan ditebalkan
Tulisan HALAMAN JUDUL s/d KRITIK DAN SARAN menggunakan jenis huruf “Cambria” ukuran 12 tanpa penebalan.

Mudah dan praktis...tidak perlu menulis satu persatu.
Jangan menyerah, sabar dan terus coba, nanti akan mendapatkan hasil yang diinginkan...

No comments:

Post a Comment