Translate

Wednesday, October 25, 2017

Cara Menggambar Grafik Lingkaran dengan Microsoft Word



Sebelunya kita telah membahas tentang bagaimana menggambar grafik sebuah persamaan garis lurus dengan menggunakan fasilitas grafik. Nah sekarang akan dibahas cara menggambar grafik yang berbentuk lingkaran dengan microsoft word.
Misalkan kita akan menggambar sebuah grafik lingkaran yang berpusat di (0,0) dan mempunyai jari-jari 4, maka persamaan lingkarannya yaitu :
x2+y2=42
x2+y2=16

Grafik dari persamaan lingkaran tersebut yaitu :
Lalu bagaimanakah cara untuk membuatnya ?????
Nah langkah-langkah pembuatannya yaitu :
Langkah 1
Buka Insert, kemudian pilih “Chart”


Langkah 2
Kemudian muncul kotak insert chart, kemudian pilih bagian bagian “X Y (Scatter), kemudian pilih ynag terdapat model garis dan titik koordinatnya, misalkan pilih “Scatter with Straight Lines and Marken”, seperti gambar di bawah ini


Langkah 3
Kemudian muncul sebuah grafik dan sebuah lembar kerja microsoft excel, lembar kerja word tempat kita mengerjakan grafik kita tadi akan berdampingan muncul di layar, seperti gambar di bawah ini:

Langkah 4:
Selanjutnya yaitu mulai membentuk lingkaran.
Lingkaran yang akan dibuat mempunyai persamaan x2+y2=42atau x2+y2=16 , mempunyai jari-jari 4, dan berpusat di (0,0).
Untuk membentuk lingkaran kita harus menandai koordinatnya secara berurutan. Misalkan kita menggambarnya dari kiri ke kanan, dimulai dengan pada koordinat (-4,0), kemudian dilanjutkan untuk x yang lain yaitu untuk -3, -2,...dst. Sehingga urutannya yaitu :
-4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 3, 2, 1, 0, -1, -2, -3, -4. 
sehingga grafiknya menjadi :

Jadilah kerangka awal untuk membentuk grafik lingkaran. Sedangkan bagian kanan adalah titik-titik koordinatnya  (pada microsoft excel)

Langkah 5
Pada grafik tersebut terlihat bahwa grafiknya belum membentuk sebuah lingkaran secara sempurna, untuk itu maka perlu ditambahkan titik-titik koordinat yang lain.
Untuk daerah lingkaran atas Kita coba tambahkan titik koordinat diantara x=-4 dan x=-3, misalkan untuk x=-3,9 dan x=-3,5. Tambahkan titik koordiant pada daerah antara x=3 dan x=4, misalkan untuk x=3,6 dan x=3,9.
Untuk daerah lingkaran bawah tambahkan koordinat diantara x=4 dan x=3, yaitu untuk x=3,8. Tambahkan titik koordinat pada daerah antara x=-3 dan x=-4, yaitu x=-3,8

Masukkan titik titik koordinat tersebut pada data microsoft excel dari grafik lingkaran yang kita bentuk tadi. Tambahkan 2 baris dibwah (-4) untuk menempatkan x=-3,9 dan x=-3,5.
Untuk menambahkan satu baris di bawah x=-4 (baris kedua pada excel), blok baris ketiga kemudian klik kanan kemudian pilih insert. Lakukan hal yang sama untuk yang lainnya.

Titik-titik koordinat dari semuanya yang digunakan yaitu :


Sehingga grafiknya menjadi:
 


Tadaaaa...jadilah grafik persamaan lingkaran x2+y2=16 secara sempurna. 

Jika tidak puas dengan design yang ada, ubah sesuai dengan selera. Grafik lingkaran tersebut saya otak-atik sehingga menjadi :
Lalu bagaimana caranya untuk mengubah tampilannya agar menjadi seperti gambar di atas, caranya yaitu : klik link di bawah ini :
Cara mengubah tampilan grafik pada microsoft word


Terima Kasih...
Semoga Bermanfaat....
 

No comments:

Post a Comment