Translate

Sunday, March 31, 2019

Menyelesaikan Persamaan Matematika dengan Microsoft Mathematic


Microsoft Mathematic adalah software buatan microsoft yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan matematika seperti menghitung solusi dari suatu persamaan matematika, menggambar grafik baik 2D maupun 3D. Suatu permsamaan matematika yang diselesaikan dengan Microsoft Mathematic ini kita dapat mengetahui cara pengerjaannya langkah demi langkah. Kita dapat mendownload Microsoft Mathematic di web resmi microsoft secara gratis. berikut linknya :

klik di sini

Caranya yaitu setelah masuk link tersebut, pilih "Download" kemudian setelah di download, cari file yang telah kita download tadi di tempat kita simpan download tersebut, nama filenya adalah "MSetup_86".Klik pada "MSetup_86" lalu akan muncul:



setelah itu pilih "Run". Jalankan prosesnya dengan mengikuti petunjuk. Setelah selesai klik 'Finish". Setelah proses instal selesai kita dapat membukanya. Foldernya adalah gambar kalkulator.



Untuk dapat menginstal Microsoft Matheamtic ini dalam komputer kita harus ada Microsoft Framework 3.5. Untuk windows 7 ke atas sudah terdapat MIcrosoft framework 3.5 yang tersedia. Untuk melihat apakah dalam koputer kita sudah terdapat Microsoft Framework 3.5 atau belum, bisa dicek di control Panel.

Berikut adalah penamapakan dari Microsoft Mathematika


Sekarang kita akan mencoba Microsoft Mathematic untuk menyelesaikan persamaan matematika. Misalkan terdapat persamaan matematika sebagai berikut:
$x^2+2x-3=0$
berapakah solusi dari persamaan kuadrat tersebut?
jawab :

Langkah 1:Tulis persamaan $x^2+2x-3=0$ pada lembar kerja
Caranya sama seperti saat kita menulis equation di microsoft word.



Langkah 2:Menghitung solusi
Setelah persamaan ditulis kemudian pilih "enter" atau tekan saja "enter" pada keyboard. Sehingga muncul:


Disini ada dua cara penyelesaian yaitu dengan rumus kuadrat dan dengan melengkapkan kuadrat. Untuk melihat step by step cara penyelesaian dengan rumus kuadrat, tekan lambang "+" di samping "Solution steps using quadratic formula", jIka ingin melihat step by step dengan melengkapkan kuadrat tekan lambang "+" disamping "Solution steps using completing square", maka akan muncul langkah-langkah penyelesaiannya.



Langkah 3: Hasil
Jadi solusi dari persamaan kuadrat $x^2+2x-3=0$ adalah x=-3 dan x=1

No comments:

Post a Comment