Translate

Monday, April 1, 2019

Membuat Titik Dua yang Rapi Di Microsoft Word

Ketika kita menulis sebuah dokumen di microsoft word pastinya kita ingin hasil ketikan itu rapi dan enak dipandang. Contohnya saat kita membuat sebuah form untuk suatu pekerjaan tertentu yang berisi sebuah daftar yang harus diisi misalnya berisi nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan, dll.
Misal bentuknya begini:

Biasanya untuk merapikan titik dua tersebut agar sejajr kita menggunakan “Tab” dan “Indent”. Kali ini kita bisa menggunakan cara lain membuat daftar tersebut tanpa susah payah menggeser tab satu persatu tiap baris untuk membuatnya sejajar. Yang kita gunakan adalah fasilitas “TABLE” pada menu “INSERT”.

Misalnya kita akan membuat contoh form pada gambar di atas yaitu nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat. Caranya yaitu:

Langkah 1: Membuat kerangka tabel

Karena ada 4 data yaitu nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat maka kita butuh 4 baris. Untuk menempatkan data-data, titik dua, dan  tempat pengisian data, sehingga kita memerlukan 3 kolom. Jadi kita akan membuat sebuah tabel yang terdiri dari 4 baris dan 3 kolom
Langkah 2: Masukan data-data ke kolom 1

Yaitu masukkan data-data nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat ke kolom 1 pada masing-
masing baris. Seperti berikut:

Langkah 3: Masukan ketikan “ : “ pada kolom kedua pada masing-masing baris

Langkah 4: Sesuaikan ukuran dari kolom yang berisi titik dua

Geser-geser sesuai selera sesuai jarak yang kita kehendaki.
Langkah 5: Pengaturan

Jika dirasa lebar pada baris-baris kolom kurang sesuai kita bisa mengaturnya dengan menggeser-geser garisnya. Namun jika ada banyak baris, jika harus menggeser tiap-tiap garis pada tiap-tiap baris satu persatu, itu merepotkan.

Kita langsung saja blok seluruh tabel semua baris dan kolom , kemudian klik kanan kemudian pilih “Tabel Properties” kemudian pilih “Row” kemudian cek list pada “Specify high” lalu ketikkan jarak yang diinginkan misalnya “1 cm” kemudian klik “Ok”.


Langkah 6: Hilangkan semua border pada tabel

Sebenarnya semua border pada tabel tersebut masih ada, hanya saja kita membuatnya tidak terlihat. Caranya blok seluruh tabel kemudian pada menu “Home” dibagian “Paragraph” bagian “Border”kemudian klik segitiga kecil terbalik dibelah kanannya kemudian pilih “All Borders”.

 Langkah 7: Hasil


Jika ingin menambah data lagi kita tinggal menambahkan jumlah baris dan mengetikkan titik dua pada kolom titik dua. Kemudian jika ingin melihat dengan "border" tabel lagi tinggal aktifkan "All Borders" pada BORDER, caranya sama seperti langkah 7. 





No comments:

Post a Comment